Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Dijamin Aman!

cara menyembunyikan aplikasi di android dengan mudah

Tidak perlu dihapus, ada cara menyembunyikan aplikasi di Android yang mudah. Terkadang HP Android kita memang sering dilihat oleh orang lain, entah itu oleh pacar, saudara atau teman dekat.

Kita sebagai pemilik HP itu pastinya merasa kurang nyaman ketika ada aplikasi yang sifatnya pribadi tapi dilihat-lihat oleh orang lain.

Nah, supaya aplikasi itu tidak terlihat oleh pengguna lain, sembunyikan saja tanpa perlu menghapusnya. Dengan begitu kita bisa meminjamkan HP Android ke orang lain dengan lebih tenang karena aplikasinya sudah tidak terlihat lagi.

Pada tutorial berikut ini akan membahas tentang bagaimana cara menyembunyikan aplikasi Android yang benar untuk semua jenis ponsel saat ini.

Daftar Isi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

kamu bisa menyembunyikan aplikasi Android dengan menggunakan fitur yang sudah ada pada bawaan ponsel. Memang tidak semua merk HP android memilikinya, karena biasanya sudah menggunakan custom ROM sendiri.

Nah, coba buka HP Android kamu dan mungkin saja sudah ada fitur bawaan untuk bisa menyembunyikan aplikasi yang dianggap private.

Contoh kali ini menggunakan HP merk Samsung J7 Pro, Perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  • Posisikan layar HP pada tampilan homescreen terlebih dahulu. Setelah itu silahkan tekan dan tahan layar selama beberapa detik.
  • Tunggu sampai muncul beberapa menu muncul pada layar dan kemudian pilih “Pengaturan layar depan”.
  • Selanjutnya pada halaman pengaturan silahkan cari menu hide app atau menu Sembunyikan aplikasi.
  • Akan muncul banyak pilihan aplikasi yang telah terinstal pada sistem, silahkan pilih saja aplikasi yang akan kamu hide kemudian tap gunakan.
  • Selesai, aplikasi yang telah kamu centang tadi telah tersembunyi dan tidak muncul lagi pada tampilan layar

Perlu kamu ketahui bahwa tidak setiap merk HP mendukung fitur bawaan ini dan jika ada pun bisa memiliki langkah yang berbeda dari tutorial ini.

Sembunyikan Aplikasi dengan Launcher Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Memang tidak mudah menggunakan cara pertama tadi karena terkendala oleh HP Android yang memiliki begitu banyak varian merk dan custom ROM.

Jika tidak menemukan fitur bawaan pada cara pertama tersebut, kamu bisa coba cara kedua berikut ini.

Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menyembunyikan aplikasi Android yang tidak kamu inginkan. Nama aplikasi ini yaitu Apex Launcher.

Silahkan buka google play store terlebih dahulu untuk mendapatkan aplikasi Launcher Android ini. Setelah melakukan unduh dan install Apex Launcher ke HP Android, berikut ini cara menggunakan aplikasinya.

  • Lakukan konfigurasi Apex Launcher terlebih dahulu sesuai keinginan kamu
  • Setelah selesai melakukan konfigurasi Apex Launcher, buka menu dan pilih Apex Settings.
  • Pada halaman settings, pilih menu Hidden Apps yang memiliki ikon coret mata.
  • Selanjutnya, centang aplikasi-aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan melakukan tap add hidden apps. Setelah itu pilih tombol Hide App untuk konfirmasi dan menyimpan pengaturan nya.
  • Selesai, aplikasi telah berhasil tidak terlihat lagi.

Aplikasi Hide App

Aplikasi Hide App

Aplikasi Hide App bisa menjadi alternatif ketiga untuk menyembunyikan aplikasi Android yang bersifat pribadi. Keunggulan aplikasi ini terlihat pada kompatibilitas nya pada HP android yang sudah root maupun non root.

Perhatikan tutorial berikut ini untuk kamu yang ingin mencoba Aplikasi Hide App :

  • Install terlebih dahulu aplikasi Hide App dari google play store ke HP android kamu.
  • Jika sudah berhasil terinstall, silahkan jalankan aplikasinya.
  • Saat baru pertama kali membukanya biasanya muncul pop up yang menawarkan Check ROOT Available. Skip saja dengan memilih menu Later karena HP nya memang tidak perlu melakukan root.
  • Setelah halaman awal terbuka, cari dan tap tombol plus.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan cara melakukan centang pada ikon app nya. Selanjutnya klik Hide untuk menyembunyikan aplikasi yang sudah kamu pilih sebelumnya.
  • Selesai, aplikasi telah berhasil menghilang dari layar, karena sudah tersembunyi berkat aplikasi Hide App ini.

Demikian tutorial singkat tentang bagaimana menyembunyikan aplikasi di android supaya tidak terlihat oleh orang lain.

Dari ketiga cara itu, cukup pilih salah satunya saja yang menurut kamu paling cocok untuk bisa di coba dengan praktis dan cepat.

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua khususnya bagi yang menggunakan smartphone Android.

You May Also Like