Cara Buat File di Google Drive

cara buat file di Google Drive

Kamu butuh membuat file di Google Drive untuk berbagi arsip dengan rekan kerja? Tak perlu bingung coba cara buat file di Google Drive berikut ini sehingga dapat diakses oleh rekan kerja. Google Drive merupakan ruang penyimpanan sekaligus daerah pertukaran arsip yang sangat diperlukan di dunia kerja.

Dari salah sumber terpercaya menjelaskan bahwa Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud, Google yang juga bertindak sebagai titik masuk untuk membuka Google Sheets, Google Docs, dan Google Slides. Oleh dikarenakan itu, jangan heran bila keberadaan Google Drive sangat penting di dunia kerja, yuk simak di bawah ini cara buat file di Google Drive.

Cara Buat File di Google Drive

1. Cara Membuat file di Google Drive

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat file adalah sign in di Gmail dengan alamat email yang kamu memiliki. Kemudian, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Klik ikon 9 titik yang ada di sudut kanan atas layar Gmail kamu. Kemudian => Klik ikon “Drive”. Kemudian => Pada pilihan menu di sebelah kiri layar Drive klik “+ New”.
  • Klik pilihan “New file”. Lalu => Ketikkan julukan file yang ingin kamu buat.
  • Klik “Create”. File di Google Drive pun selesai dibuat.

Kini, kamu bisa menyimpan bermacam dokumen di file yang sudah kamu buat. Tetapi, file itu hanya dapat diakses, diedit, dan dihapus oleh kamu sendiri selaku pemilik akun. Bila kamu ingin membuat file itu dapat diakses dan diedit oleh rekan kerja maka ada tahapan lain yang perlu dilakukan. Berikut adalah cara untuk membuat file di Google Drive dapat diakses oleh teman kerja.

2. Cara Membuat file di Google Drive yang Dapat diakses oleh Rekan Kerja

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah Klik kanan di file yang ingin kamu bagikan ke rekan kerja. Kemudian =>  Ketikkan alamat email rekan kerja yang akan kamu berikan akses di kolom “Add people and groups”. Kemudian =>  klik “Done”.

Cara itu dapat memudahkan koordinasi kamu dengan rekan kerja supaya lebih ekonomis waktu di dalam melakukan transfer data. Tidak cuman itu, cara di atas juga lebih kondusif di karenakan hanya alamat email yang kamu masukkan sajalah yang dapat mengaksesnya.

Bagi kamu yang sudah sering menggunakan gadget, atau sering mengerjakan tugas secara online, pasti sudah tak asing lagi dengan Google Drive. Google Drive merupakan salah satu product dari Google yang banyak di gunakan semenjak di luncurkan tahun 2012 lalu.

Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud gratis yang sangat mungkin pengguna untuk menyimpan dan membuka arsip secara online. Layanan ini mensinkronkan dokumen, foto, dan lainnya yang tersimpan di seluruh perangkat pengguna, termasuk perangkat seluler, tablet, dan Pc.

Jika kamu mempunyai akun email dari Google, secara otomatis kamu sudah mempunyai Google Drive. Kamu juga sudah mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15gb. Di sinilah kamu dapat menyimpan bermacam arsip yang di perlukan. Kamu bisa membukanya lewat gadget kapan saja selama mempunyai akun Google.

Tetapi, apa manfaat Google Drive sendiri? Apa kegunaan Google Drive hanya untuk menyimpan arsip saja? Untuk menjawab apa kegunaan Google Drive itu, kami jelaskan di bawah ini.

Manfaat Google Drive

1. Apa manfaat Google Drive?

  • Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud,

Manfaat Google Drive yang utama adalah untuk melepaskan sebagian beban dari hard drive kamu. Penyimpanan cloud bekerja dengan mengunggah arsip ke server jeda jauhnya sendiri (Atau “Cloud”) dan mengosongkan ruang di komputer kamu.

Ini akan membantu menyisakan lebih banyak ruang di perangkat kamu untuk hal-hal yang lebih penting, seperti aplikasi dan game besar. Tapi, layanan cloud menawarkan lebih banyak keuntungan di bandingkan penyimpanan lainnya.

Saat arsip kamu berada di cloud, kamu dapat mengaksesnya dari manapun kamu berada dengan perangkat apapun selama ada koneksi internet. Di tambah, kamu juga dapat membaginya dengan orang lain, yang mengakses jalan baru untuk kerja sama online.

  • Berbagi Arsip

Google Drive sangat mungkin penggunanya untuk berbagi arsip yang di simpan kepada orang lain, lebih-lebih dalam ukuran besar sekali pun. kamu juga dapat mengundang orang lain untuk melihat, memberi komentar, dan mengedit arsip atau file yang kamu simpan di Google Drive. Ini adalah bentuk kerja sama online yang membuat segalanya lebih mudah.

Caranya pun cukup mudah. Setelah kamu mengunggah arsip ke Google Drive, Kamu bisa memberikannya melalui tautan atau link yang sudah di sediakan oleh Google. Cukup simpel sekali kan, tidak usah repot-repot membagikan lewat flashdisk atau penyimpanan luar, cukup membagikan link saja sudah bisa di akses.Itulah beberapa penjelasan tentang Cara Buat File di Google Drive semoga bermanfaat.

You May Also Like