Belajar cara membuat bot telegram sebenarnya sangatlah mudah sekali. Kehadiran bot sendiri sangat diperlukan khususnya untuk kemudahan bagi seorang admin grup telegram yang mempunyai banyak anggota.

Dari pada harus mengirim pesan satu per satu pada telegram, lebih baik gunakan bot untuk menangani banyak orang sekaligus.

Jika hanya sesekali atau jarang melakukan post konten maka tidak akan menjadi masalah besar, namun jika diharuskan rutin melakukan post konten terbaru maka bot atau robot ini bisa membuat pekerjaan selesai lebih cepat.

Bot Telegram Adalah

Pengertian bot telegram adalah aplikasi tambahan yang mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan user dalam format tertentu. Aplikasi tambahan ini akan berjalan dalam aplikasi telegram itu sendiri yang pada dasarnya menggunakan teknologi AI.

Jika kamu sudah sering menggunakan layanan seperti google assistant, maka pastinya akan langsung paham dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan yang ada pada telegram.

Bot atau user AI ini bisa merespon permintaan dari user lain sesuai dengan parameter yang telah di atur sebelumnya.

Bot atau robot Telegram merupakan aplikasi tambahan yang berjalan di dalam telegram itu sendiri.Pada dasarnya bot sama seperti user biasa, hanya saja bot ini tidak mempunyai nomer telepon dan digunakan oleh komputer,bot hanya bisa merespon perintah/request sesuai dengan parameter yang telah diset oleh admin bot tersebut. Pengguna dapat berinteraksi dengan user bot telegram dengan cara mengirim pesan ke bot dalam format tertentu.

Fungsi Bot Telegram

Ada beberapa fungsi bot Telegram yang dapat menangani banyak user agar bisa meringankan pekerjaan kamu sebagai seorang admin telegram.

Bot ini akan bekerja secara otomatis dengan merespon berdasarkan interaksi dari user. Jadi kamu tidak perlu lagi melakukan pekerjaan sederhana yang secara umum sudah bisa terhandle oleh bot ini.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan apa saja fungsi bot telegram, berikut ini penjelasannya :

  • Bot yang menggunakan kecerdasan buatan ini mampu memberikan notifikasi berita yang topik nya sesuai dengan kehendak admin.
  • Integrasi antar layanan lain yang dapat memudahkan anggota grup memperoleh konten terbaru. Integrasi antar layanan itu antara lain dari Image Bot, GIF bot, IMDB bot, Gmail bot, Github bot, Youtube bot, dan IMDB bot.
  • Melayani transaksi online, bot telegram mampu berperan menjadi kasir yang dapat menerima proses pembayaran dengan metode tertentu.
  • Bisa menyapa user secara otomatis seperti memberikan ucapan selamat datang, penerjemah bahasa, dan layanan lainnya. Telegram bot ini antara lain Sticker bot, Vote bot, Like bot, dan Markdown bot.
  • Melalui bot telegram, kamu juga bisa membuat macam-macam game seperti arcade, puzzle, hingga genre srategi. Contoh : GameBot dan Gamee
  • Membuat layanan sosial yang dapat mempermudah pengguna untuk menemukan percakapan yang sesuai minat masing-masing user. HotOrBot ini memiliki kemampuan untuk membuat jaringan orang-orang sebagai mitra percakapan berdasarkan topik yang sama .
  • Dalam dunia virtual, bot ini hampir bisa melakukan apa saja. Namun dalam dunia nyata bot ini tentunya tidak bisa melakukan pekerjaan fisik yang mengharuskan memegang objek nyata.

Cara Kerja Bot Telegram

Bot ini merupakan akun spesial yang cara kerja nya tidak memerlukan nomor telepon sama sekali untuk pengaktifan dan verifikasi.

Setiap pengguna telegram dapat bercakap-cakap atau berinteraksi langsung dengan bot keren ini. Secara umum ada dua cara untuk bisa melakukan interaksi bot, yaitu dengan mengirimkan pesan ke DM (direct message) atau invite dahulu untuk masuk ke grup.

Cara kedua yaitu dengan inline bot yang tanpa perlu mengirim pesan dahulu ke bot baru bisa melakukan interaksi. Cukup ketik saja @namabot yang di ikuti dengan inline queries untuk melakukan request konten bot dari tab chatting atau channel tanpa harus mengirim pesan dahulu ke bot.

Cara Membuat Bot Telegram dengan BotFather

Cara Membuat Bot Telegram

Tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman sebenarnya kamu sudah bisa membuat bot sederhana untuk mempermudah mengelola grup atau saluran dengan menggunakan BotFather.

Apa itu BotFather ? Buat kamu yang masih asing dengan kata ini, botfather memiliki peran penting dalam telegram untuk mengatur semua bot yang ada.

User yang telah membuat bot, melalui botfather ini dapat mengatur bot tadi agar kinerja nya bisa sesuai keinginan.

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan botfather yang bisa kamu gunakan melalui telegram :

  • Langkah pertama yaitu silahkan ketik dahulu “botfather” melalui kotak pencarian.
  • Pada hasil pencarian, tap botfather dan kemudian tap tombol start pada bagian bawahnya untuk memulai interaksi.
  • Ketik /newbot pada halaman chat untuk membuat bot baru.
  • Bot akan membalas pesan tersebut dengan menanyakan nama panggilan anda, ketik saja namanya sesuai kehendak anda.
  • Selanjutnya bot akan menanyakan juga username dan kamu bisa membuatnya dengan nama yang bebas. Tetapi pada akhir katanya harus mencantumkan kata “bot”. Contoh : mataharibot atau matahari_bot
  • Jika berhasil, bot akan membalas pesan dengan mengucapkan selamat dan selanjutnya kamu akan mendapat API token yang fungsinya untuk mengakses API pada telegram.

Suatu aplikasi seperti telegram ini biasanya memerlukan API yang fungsinya sebagai penghubung antarmuka antara aplikasi yang satu dengan lainnya. Biasanya para programmer menggunakan api untuk mengakses program lain melalui program buatannya sendiri.

Setelah berhasil membuat username, selanjutnya kamu dapat memulai melakukan pengaturan bot melalui botfather dengan menggunakan perintah-perintah berikut ini :

/newbot = membuat bot baru
/mybots = mengedit bot beta
/setuserpic = merubah foto bot
/setcommands = membuat daftar perintah
/deletebot = menghapus bot
/setname = mengubah nama bot mu
/setdescription = mengubah deskripsi bot
/setabouttext = merubah bot about info
/token = membuat token baru
/revoke = menghapus akses token
/setinline = membuat aktif atau tidak aktif inline mode (https://core.telegram.org/bots/inline)
/setinlinefeedback = merubah inline feedback (https://core.telegram.org/bots/inline#collecting-feedback) settings
/setjoingroups = mengatur dan memberi ijin bot agar bisa masuk ke grup
/setprivacy = mengatur aktif / non aktif mode privacy (https://core.telegram.org/bots#privacy-mode) in groups
/mygames = mengatur games mu (https://core.telegram.org/bots/games) [beta]
/newgame = membuat game baru(https://core.telegram.org/bots/games)
/listgames = menampilkan daftar game yang kamu buat
/editgame = mengedit game
/deletegame = menghapus game