Cara Membuat Password di Google Form

Cara Membuat Password di Google Form

Google form dapat bermanfaat bagi Anda untuk membuat survey, kuis, mengumpulkan biodata atau presensi. Pada dasarnya password atau token pada google form berguna dan sangat bermanfaat bagi Anda yang membuat soal untuk ujian melalui google form. terutama mengenai cara membuat password di google form.

Hal tersebut tentunya akan membantu tugas Anda terutama yang berprofesi guru selama menjalani work from home. Namun, bagaimana membuat username dan password di google form? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dari heizeih di bawah ini!

Ini Nih, Cara Membuat Password di Google Form dengan Mudah

Bagi yang ingin mengetahui cara membuat username dan password di google form, ini nih beberapa panduannya! Diantaranya :

  1. Silahkan Anda masuk menggunakan email pribadi. Jika dokumen tersebut atau dokumen yang akan Anda buat dirasa bersifat rahasia, maka tingkatkan pengamanan akun, melalui nomer hp, atau harus diverifikasi melalui email.
  2. Setelah Anda berhasil masuk menggunakan email Anda, maka masuklah ke google drive, dan klik tambahkan file baru (tanda + Baru), kemudian silahkan Anda isikan biodata siswa dan soal ujiannya.
  3. Silahkan Anda atur formulir semenarik mungkin, misalnya atur image dengan lambang sekolah atau tulisan yang menarik.
  4. Setelah judul utama, silahkan Anda atur peraturan yang berkaitan dengan ujian tersebut, seperti rentang waktu pengerjaan, soalnya berbentuk pilihan ganda, essay, atau yang lainnya, dan petunjuk pengisian biodata.
  5. Setelah poin-poin utama sudah Anda sampaikan, maka cara membuat password di google form selanjutnya silahkan Anda buat passwordnya. Caranya dengan klik opsi duplikasi, supaya laman formulir bertambah. Silahkan isi judul berupa password kemudian pilih pengaturan jawaban dengan jawaban singkat.
  6. Silahkan pilih menu tampilan, dan tulis deskripsi seperti peringatan untuk login terlebih dahulu sebelum menjawab soal.
  7. Pilih menu validasi responden
  8. Akan muncul pilihan pada jawaban singkat, silahkan pilih berisi dan ketikkan passwordnya, misalnya sukses123
  9. Berikan peringatan jika ada kesalahan, seperti password Anda salah, silahkan isi ulang dengan password yang benar.
  10. Jika sudah selesai, maka selanjutnya silahkan coba kembali formulirnya, untuk memastikan apakah formulir tersebut sudah ada password atau tidak.

Cara Membuat Username di Google Form Dengan Password Yang Berbeda

selain cara membuat password, Anda juga bisa membuat username dengan password yang berbeda. Adapun caranya seperti berikut ini,

  1. Jika Anda menginginkan membuat password yang berbeda untuk setiap siswa, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat database masing masing siswa termasuk kode untuk masing masing siswa tersebut.
  2. Kemudian atur length atau banyak huruf password misal, 5 atau 6. Atur juga amount sesuai dengan siswa yang akan mengikuti ujian.
  3. Kemudian kombinasikan nomor induk siswa dengan passwordnya, copy paste cell kombinasi nomor induk siswa dengan password dan gabungkan sesuai jumlah siswa gabungkan cell pertama dan kedua, dan seterusnya hingga ke siswa terakhir.
  4. Silahkan buka soal yang sudah berhasil Anda buat, atur pengaturan password dengan pengaturan jawaban singkat, pilih ekspresi regular, kecocokan, dan aktifkan tanda wajib diisi.
  5. Copy cell terakhir dan paste kan kepada menu pola.
  6. Silahkan cek kembali, jika sudah berhasil, maka link dapat dibagikan kepada siswa.

Demikian cara membuat password di google form berikut cara untuk membuat username yang dapat Anda coba. Semoga informasi mengenai cara membuat username dan password di google form ini dapat bermanfaat dan membantu Anda mengerjakan tugas tugas work from home. Selamat membaca dan selamat mencoba.

You May Also Like