Cara Mengunci Telegram dengan Mudah

Cara mengunci telegram

Di dalam telegram ada berbagai fitur terbaik, diantaranya ialah fitur yang berfungsi didalam mempertahankan privasi, seperti mengunci telegram. Sehingga ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna akan lebih terasa kondusif. Cara mengunci telegram tidak perlu aplikasi tambahan, cukup menggunakan fitur yang ada.

Dengan menggunakan PIN atau passcode, maka tidak sembarang orang bisa membukanya, hanya pengguna dan beberapa orang yang jelas Pin-Nya. Oleh karena itu, pentingnya menggunakan fitur ini, maka pengguna perlu memahami cara mengunci telegram dengan mudah yang bisa lakukan. Maka dari itu simak ulasan berikut:

Aplikasi telegram ini dapat digunakan baik pada ponsel maupun komputer. Keduanya juga dapat dilakukan penguncian supaya privasinya lebih terjaga. Cara untuk menguncinya pun sangat mudah sebelum itu, ketahuilah apa itu Telegram?

Apa itu Telegram?

Telegram adalah layanan pesan instan berbasis cloud sekaligus dapat menerima dan mengirim panggilan dan juga menawarkan berbagai fitur lainnya guna menghubungkan pengguna lain yang tak terbatas oleh waktu. Telegram dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, video, foto, audio, dokumen dan berbagai berkas penting lainnya.

Jika Whatsapp membatasi pengguna dengan batas ukuran arsip maksimal 100 mb, maka beda halnya dengan Telegram akan memberikan batas ukuran arsip sebesar 1.5gb yang memungkinkan bagi pengguna untuk dapat mengirim dan terima bermacam jenis film. Untuk itulah simak pembahasan artikel kali ini yang akan membahas tentang cara mengunci Telegram. Maka dari itulah simak 2 cara berikut ini.

1. Cara Mengunci Telegram di Ponsel

Agar telegram dapat terkunci, pengguna perlu mengaktifkan fitur Kunci Aplikasi kemudian mengatur Pin-Nya atau passcode-nya. Bagi pengguna telegram pada ponsel ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk dapat melakukan proses penguncian:

  • Bukalah aplikasi telegram pada ponsel.
  • Kemudian ketika sudah berada pada halaman aplikasi telegram, maka klik menu panel berupa simbol titik tiga yang berada di bagian kiri atas.
  • Setelah itu, klik Pengaturan kemudian, pilih Privasi dan Keamanan. Pada menu ini lakukan scroll ke bawah sampai menemukan menu Kunci Aplikasi, jika sudah klik menu itu.
  • Langkah selanjutannya dalam cara mengunci telegram adalah mengaktifkan toggle sehingga fitur Kunci Aplikasi menjadi aktif.
  • Berikutnya ialah memasukkan PIN untuk mengunci telegram. Pin-Nya terdiri dari 4 angka saja dengan kombinasi disesuaikan keinginan pengguna.
  • Lalu pengguna akan diminta untuk konfirmasi kembali PIN disesuaikan dengan yang digunakan sebelumnya. PIN sebaiknya ditulis kembali bukan berupa copy paste, supaya menghindari kesalahan penulisan PIN.
  • Langkah selanjutnya adalah pengguna dapat kembali pada halaman chat Kemudian lihatlah pada bagian atas, jika ada simbol gembok di sebelah simbol pencarian, berarti fitur kunci aplikasi sudah berhasil diaktifkan.
  • Kemudian untuk mengunci aplikasi, klik pada simbol gemboknya. Lalu pengguna akan diminta menuliskan PIN yang sudah dibuat tadi supaya dapat masuk ke aplikasi telegram.

2. Cara Mengunci Telegram di Komputer

Bagi pengguna telegram pada komputer, cara mengunci telegram tidak kalah mudah dari cara ponsel. Ikuti langkah demi langkah berikut:

  • Bukalah aplikasi telegram desktop pada komputer.
  • Kemudian pilih  menu panel atau simbol garis tiga pada bagian kiri atas.
  • Selanjutannya, pilih Settings lalu pilih Privacy and Security.
  • Berikutnya adalah pilih pada Turn on local passcode. Lalu masukkan passcode yang di inginkan. Passcode yang di gunakan dapat berupa kombinasi angka dan huruf dan juga tidak terbatas pada 4 digit saja.
  • Setelah itu pilih Save.

Cara Mengatur Menu Kunci Aplikasi pada Telegram

Apabila telegram sudah di lakukan kunci aplikasi, maka pengguna dapat laksanakan beberapa pengaturan misalnya mengubah sandi, mengaktifkan fitur buka menggunakan sidik jari, dan juga melaksanakan kunci otomatis. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Kunci Aplikasi, jika ingin mengganti PIN maka klik Ganti Kode Sandi, lalu masukkan sandi baru, kemudian konfirmasi sandi baru. Jika sudah maka sandi sudah berhasil di ubah.
  • Cara kedua di lakukan pada perangkat ponsel maupun komputer yang sudah di lengkapi dengan fitur fingerprint atau sidik jari. Pengguna dapat mengakses aplikasi yang terkunci hanya dengan sidik jari. Cukup dengan mengaktifkan fitur Buka dengan Sidik Jari. Apabila tidak ingin sebaiknya di nonaktifkan.
  • Kunci aplikasi dengan mengatur fitur Otomatis Terkunci, telegram akan secara otomatis akan terkunci pada jarak waktu eksklusif.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus di HP Samsung dengan Mudah

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang cara mengunci Telegram lewat HP maupun perangkat Pc, dan juga tips lain mengamankan akun Telegram. Bagaimana? sudah cukup tahu kan? dengan begini, maka kamu tidak perlu lagi risau karena akun Telegram sudah di amankan dengan baik dan efektif.

Demikianlah cara mengunci telegram beserta langkah-langkahnya pada ponsel, komputer, dan juga cara mengatur kuncinya. Mengunci telegram cukup dengan menggunakan fitur yang ada tanpa aplikasi tambahan. Semoga dengan penjelasan artikel ini bermanfaat dan bisa di jadikan sebuah acuan dalam mengunci Telegram.

You May Also Like