Cara Cek Garansi Oppo Melalui Situs Resmi Oppo

Garansi adalah salah satu layanan purna jual yang sangat membantu para konsumen pembeli HP. Hadirnya garansi membuat setiap orang yang membeli HP tidak perlu panik saat HP yang baru dibeli mengalami masalah. Oppo adalah salah satu vendor yang memiliki layanan purna jual yang baik dan sudah tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini yang membuat anda harus mengetahui cek garansi Oppo.

Saat mengalami masalah pada perangkat keras HP yang dibeli, sebenarnya setiap konsumen masih bisa membawanya ke service center untuk diperbaiki. Namun, biasanya konsumen mungkin akan mengurungkan niatnya karena nantinya akan dikenakan biaya perbaikan yang mahal. Padahal jika HP yang dibeli masih dalam masa garansi, tidak perlu membayar biaya perbaikan lagi alias gratis.

Sebelum membawa ke Service Center ada baiknya jika dilakukan pengecekan apakah HP yang digunakan masih dalam masa garansi. Untuk itu, bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara cek garansi Oppo bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini.

Cara Cek Garansi Oppo

Perlu dicatat, meskipun HP yang dibeli masih masuk dalam masa garansi perhatikan juga apakah kerusakan yang dialami HP masih sesuai dengan Syarat dan Ketentuan garansi dari Oppo. 

Pihak Oppo pastinya memiliki aturan atau kebijakan mengenai syarat untuk pengajuan klaim garansi. Biasanya Faktur dan kartu garansi yang valid adalah syarat paling mendasar agar konsumen bisa melakukan pengajuan.

Untuk itu, pastikan jika anda membeli HP baru simpan baik-baik setiap bukti pembelian. Jika pada saat pengajuan klaim tidak bisa menunjukkan kartu garansi yang valid, biasanya service center akan melihat data bulan setelah tanggal produksi dan tanggal kartu E-Warranty dari HP yang dibeli.

Silahkan cek Syarat dan Ketentuan klaim garansi dari Oppo disini. Sebelum mulai cara cek garansi Oppo, silahkan cek IMEI HP Oppo terlebih dahulu.

Cari Tahu Nomor IMEI dari HP

Kode IMEI perlu dicek karena nantinya akan dimasukkan melalui situs Oppo untuk mengecek garansi. Ikuti tiap langkah dibawah ini.

  • Silahkan buka aplikasi Telepon yang ada di HP.

cek garansi oppo

  • Setelah itu, tekan kode *#06# secara otomatis akan menampilkan IMEI.

  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menampilkan IMEI dari HP Oppo yang digunakan.

Cek IMEI di Dus Bawaan

Selain, melihat IMEI melalui kode dial anda juga melihat langsung pada bagian dus HP. Biasanya mengecek IMEI dengan dus dikarenakan HP OPPO mengalami kondisi mati sehingga tidak bisa mengakses aplikasi Telepon. 

  • Ambil dus HP yang baru saja dibeli.
  • Lalu lihat pada bagian belakang dus.
  • Pada bagian belakang biasanya ada stiker yang mencantumkan kode IMEI dari HP.

Cara Cek Garansi HP Oppo Lewat Situs Resmi

Setelah mengetahui IMEI dari HP Oppo, anda tinggal mengikuti setiap langkah yang ada di bawah ini.

  • Setelah IMEI sudah diketahui, maka anda tinggal membuka browser (Chrome, Firefox, Edge, Safari, dan sebagainya) di HP ataupun Laptop.
  • Jika browser sudah terbuka, silahkan kunjungi situs resmi dari Oppo ini https://support.oppo.com/id/warranty-check/
  • Setelah situs terbuka silahkan input IMEI yang telah diperoleh dan isi kode verifikasi berupa kode captcha seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah ini.

  • Setelah semua terinput dengan benar, anda tinggal menekan Periksa Sekarang.
  • Anda akan melihat tampilan mengenai sisa masa berlaku garansi dari HP Oppo yang dimiliki.

Bagaimana cukup mudah kan? itulah cara cek garansi Oppo yang mudah dilakukan. Saat klaim garansi diterima, jangan lupa untuk melakukan backup data yang sudah tersimpan di HP agar nantinya data tersebut tidak hilang pada saat proses perbaikan.

Pihak service center Oppo juga tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan backup terhadap data yang ada di HP anda. Untuk itu, ketika ada data data yang hilang Oppo tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau tersebarnya data yang anda miliki.

Namun, proses klaim garansi juga biasanya mengalami permasalahan karena adanya suatu dan lain hal yang membuat pengajuan garansi tidak berlaku atau hangus. Oleh karena itu, anda juga perlu tahu hal apa saja yang akan membuat Oppo tidak menerima klaim garansi meskipun HP yang dibeli masih dalam masa garansi.

Apa saja yang membuat garansi Oppo tidak berlaku?

  1. Kerusakan yang terjadi pada unit HP karena kesalahan dari pengguna.
  2. Bukti pembelian dan kartu garansi tidak bisa ditunjukkan oleh pengguna.
  3. HP mengalami kerusakan karena penggunaan yang tidak benar, misalnya karena dijatuhkan, ditekan, atau terendam air.
  4. Kerusakan yang terjadi karena faktor bencana yang tidak dapat dihindari, misalnya terjadi gempa, kebakaran, banjir, hingga kecelakaan lalu lintas.
  5. Masa garansi sudah melewati batas, untuk itu sangat penting untuk cek garansi Oppo.
  6. Adanya kerusakan yang diakibatkan oleh pengguna karena tidak menggunakan dan memelihara HP  sesuai petunjuk penggunaan, penggunaan pada suhu ekstrim, penggunaan aksesori non-OPPO, dan lainnya.
  7. HP mengalami kerusakan karena pemakaian sehari-hari pengguna. Contohnya casing yang baret, kerusakan tombol, dan layar tergores.
  8. Kerusakan terjadi karena HP sudah mengalami pembongkaran oleh pihak di luar Service Center resmi, modifikasi, melakukan rooting, dan penggunaan unit yang tidak benar.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara cek garansi Oppo. Perlu anda catat untuk bisa klaim garansi harus memastikan apakah kerusakan sudah memenuhi Syarat dan Ketentuan, selain itu pastikan masih menyimpan bukti dukungan untuk pengajuan garansi seperti faktur pembelian dan kartu garansi yang biasanya disertakan pada dus HP.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.