Urutan Kabel LAN, Susunan Straight dan Cross


Kamu sering lupa urutan kabel LAN? Berikut susunan kabel straight maupun cross dan cara crimping hingga memilih kabel UTP terbaik.

Belajar jaringan yang paling bagus memang harus mulai dari dasar dan kamu bisa memulainya dengan mempelajari urutan kabel LAN.

Jika kamu mempunyai dua komputer atau lebih yang berada di sebuah gedung atau bangunan yang sama. Kamu bisa membangun jaringan LAN untuk berbagai keperluan seperti penggunaan satu printer secara bersamaan atau melakukan chat ke user lain.

Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP memiliki peran penting yang fungsinya untuk menghubungkan komputer ke berbagai jaringan melalui perangkat keras yang ada.


Melalui Kabel UTP, komputer yang satu dengan komputer lainnya dapat melakukan transfer data hingga 100 Mbps. Kamu juga bisa melakukan pembatasan kecepatan transfer data jika diperlukan agar bisa berbagi ke banyak user.

Fungsi Kabel UTP sangat terasa manfaatnya jika kamu sering memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya. Kamu tidak perlu lagi menggunakan Flashdisk atau HDD eksternal, melalui kabel UTP kamu bisa memindahkan file ke komputer lain lebih praktis dan cepat.

Beberapa game komputer yang menyediakan menu multi pemain juga mengharuskan kamu untuk memasang kabel UTP agar bisa terhubung ke pemain lainnya.

Kabel UTP memiliki harga yang terjangkau, sehingga banyak orang telah menggunakannya. Dan jika kamu perhatikan, bagian dalam kabel nya memiliki warna yang berbeda-beda.

Warna Kabel LAN

Ada 8 warna kabel yang berbeda yang biasanya memiliki urutan sebagai berikut :


  • Putih Orange
  • Orange
  • Putih biru
  • biru
  • Putih Hijau
  • Hijau
  • Putih Coklat
  • Coklat

Pemasangan kabel UTP secara umum memiliki dua jenis urutan yang berbeda yaitu urutan kabel Straight dan Cross. Perhatikan perbedaan Urutan Kabel LAN antara Straight dan Cross berikut ini.

Susunan Kabel Straight

urutan kabel lan

Susunan Kabel Straight secara umum digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda, sebagai contoh :

1. Untuk menghubungkan komputer dengan switch
2. Untuk menghubungkan komputer dengan modem DSL
3. Menghubungkan router dengan modem DSL
4. Menghubungkan Hub ke router
5. Menghubungkan Switch ke router


Dua perangkat yang terhubung selalu berbeda, tetapi ujung kabel antara yang satu dengan lainnya sama.

Jika kamu ingin menghubungkan dua perangkat yang berbeda dalam jaringan LAN, perhatikan Susunan Kabel Straight berikut ini :

  • Putih Orange
  • Orange
  • Putih Hijau
  • Biru
  • Putih Biru
  • Hijau
  • Putih Coklat
  • Coklat

Urutan Kabel Cross

Urutan Kabel LAN

Jika Susunan Kabel Straight dari ujung ke ujung nya sama, maka dalam Urutan Kabel Cross antara ujung-ujungnya berbeda.

Fungsi kabel cross sering digunakan untuk menghubungkan device yang sama, sebagai contoh :

1. Menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya secara langsung
2. Menghubungkan antara switch yang satu dengan switch yang lain
3. Menghubungkan antar HUB (HUB dengan HUB)
4. Menghubungkan switch ke HUB
5. Menghubungkan komputer ke router

Berikut ini Urutan Kabel Cross yang harus anda ketahui saat ingin memasangnya ke Jack RJ-45.

Urutan Warna kabel cross ujung yang pertama :

1. Putih orange
2. Orange
3. Putih hijau
4. Biru
5. Putih biru
6. Hijau
7. Putih coklat
8. coklat

Urutan Warna kabel cross ujung yang kedua :

1. putih hijau
2. hijau
3. putih orange
4. biru
5. putih biru
6. orange
7. putih coklat
8. coklat

Seperti yang sudah kita ketahui, urutan Kabel Cross memiliki warna yang berbeda antar ujungnya. Perhatikan dengan teliti sebelum menghubungkannya ke perangkat yang sama agar bisa terhubung dengan baik.

Cara Crimping Kabel LAN

Cara crimping kabel LAN memang susah-susah gampang, terutama saat ingin mengupas kulit kabel dari tiap warna yang berbeda.

Siapkan alat bantu seperti silet dan gunting untuk mengupas kabel nya tanpa harus terpotong bagian logam nya. Selain itu kamu juga harus memiliki tang sebagai alat bantu agar kabel UTP bisa terhubung ke konektor RJ-45.

Untuk kamu yang masih kesusahan dalam praktek nya, perhatikan langkah-langkah cara crimping kabel LAN berikut ini :

  • Kupas kulit kabel nya terlebih dahulu menggunakan silet atau gunting. Jika menggunakan gunting, gunakanlah yang masih tajam dan cukup tekan sedikit saja lalu dorong atau geser kulitnya keluar agar batang logamnya bisa terlihat.
  • Setelah berhasil mengupas semua kulit kabel nya, luruskan kabel-kabel itu terutama yang masih kusut agar bisa terlihat lebih rapi.
  • Susun rapi kedelapan kabel warna tersebut, dan pastikan semua urutannya sudah benar saat terhubung ke konektor RJ-45.
  • Sebaiknya jangan langsung menghubungkan kabel LAN tersebut ke perangkat yang ada tapi untuk keamanan, hubungkanlah ke LAN tester terlebih dahulu.
  • Dengan bantuan alat tester, kamu cukup melihat lampu indikator nya saja. Apabila sudah menyala berarti kabel terkoneksi dengan baik dan sudah aman untuk dipakai untuk menghubungkan antar perangkat yang ada.

Memilih Kabel LAN Terbaik

Meskipun fungsi kabel UTP secara umum sama, namun kualitasnya ternyata berbeda-beda. Untuk mendapatkan kabel jaringan UTP terbaik, cara pertama yang paling mudah adalah dengan melihat fisik kabel nya langsung.

Perhatikan material yang digunakan pada bagian luar kabelnya, apakah pembungkus nya terlihat bagus ? (tebal dan tidak ada yang terkelupas).

Pembungkus yang bagus mampu memberikan perlindungan terbaik dari kerusakan fisik akibat korsleting atau hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran.

Jangan tergiur dengan harga yang murah, Kabel LAN yang bagus biasanya menggunakan bahan pembungkus yang fleksibel dan mampu menahan panas. Selain itu bagian dalam kabelnya juga sudah menggunakan logam tembaga murni agar dapat menghantarkan arus dengan lebih baik.

Kualitas kabel LAN dari waktu ke waktu memang selalu mengalami peningkatan. Saat anda ingin membelinya, pilihlah kabel UTP yang sudah mengantongi sertifikat minimal cat5e.

Kabel UTP Kategori CAT5E merupakan standar penghubung jaringan LAN yang bandwidth-nya berkapasitas 100Mbps.

Kamu juga bisa gunakan kabel UTP CAT6 atau bahkan CAT7 yang memiliki kemampuan penyaluran data lebih cepat dan isolator kabel nya juga lebih berkualitas.

Kabel UTP CAT7 dan CAT6 umumnya lebih mahal dari Kabel UTP CAT5 / CAT5e. Pastikan saja dalam menggunakan kabel UTP nya sudah benar dan sesuaikan dengan budget yang ada.


Tinggalkan komentar